SISTEM PENGAPIAN MOTOR BEAT INJEKSI


PRINSIP KERJA SISTEM PENGAPIAN MOTOR INJEKSI HONDA BEAT

 



Sistem pengapian yang ada pada system motor injeksi  termasuk system pengapian DC, berbeda dengan system pengapian generasi motor CDI DC generasi sebelumnnya.
Pada system pengapian injeksi , komponen pengapian CDI menyatu dengan  rangkaian control Injeksi yang dinamakan ECM (Engine Control Modul), jadi komponen ECM berfungsi selain sebagai  system pengapian juga mengontrol system injeksi atau system penyemprotan bahan bakar ke  silinder.

KOMPONEN PENGAPIAN MOTOR INJEKSI DAN FUNGSINYA

ECM/.ECU adalah singkatan dari engine control module atau engine control unit, berfungsi sebagai pengolah data atau procesor, yang akan mengolah sinyal input dari sensor CKP/pulser  kemudian akan diolah oleh ECM dan akan dikeluarkan berupa out put ke koil pada saat sebelum akhir langkah kompresi
 Alternator berfungsi menghasilkan arus listrik AC
 Rectifier berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC yang selanjutnya akan mengisi baterai
Baterai  berfungsi Sebagai  tempat atau penyimpan arus listrik dan juga berfungsi sebagai sumber arus listrik DC pada saat motor hidup
Fuse/sekering.berfungsi sebagai pengaman atau pembatas arus listrik apabila terjadi kelebihan arus akibat  terjadi hubung singkat (konsleting)
switch / kontak berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik
CKP atau Pulser berfungsi memberi sinyal saat akhir langkah kompresi(tegangan berkisar 0,7 V) kepada ECM, sinyal diterima dan diolah untuk menghasilkan output berupa tegangan negatif ke KOIL, yang selanjutnya koil akan menghasilkan tegangan tinggi ke Busi
Koil berfungsi menaikkan atau menghasilkan tegangan tinggi ke Busi, sehingga mampu menghasilkan loncatan api  yang kuat
Busi berfungsi mengasilkan loncatan bunga api di ruang bakar.
Switch standart samping berfungsi sebagai pengaman, prinsip kerjanya : dimana apabila standart samping posisi dibawah , kabel G/W (lihat gambar atas) tidak hubung dengan negatif/ground sehingga ECM tidak akan mengeluarkan output ke koil sehingga busi tidak akan timbul bunga api , dan apabila standart samping posisi diatas kabel G/W hubung dengan negatif/ground sehingga ECM akan aktif dan  mengeluarkan output ke koil sehingga busi akan timbul bunga api untuk menghidupkan motor.


PRINSIP KERJA PENGAPIAN INJEKSI HONDA BEAT

Pada saat kontak kita posisi OFF, arus positif baterai mengalir ke  sekering utama 15 A , dari sekering menuju ke regulator (R/W) dan dari regulator keluar ke kabel R/B baru menuju kontak.
Pada saat kontak posisi ON, arus positif akan menuju ke ECM lewat relay (kabel konektor positif  ECM berwarna hitam), arus positif juga mengalir ke koil (kabel Bl) jadi di koil sudah standby arus positif.
Pada saat standart samping dinaikkan ke atas switch standart akan menghubungkan kabel G/W ECM ke negatif, sehingga ECM aktif
pada saat motor distater, CKP atau pulser yang berada di generator akan menghasilkan tegangan sinyal AC sebesar 0,7 VAC, tegangan sinyal ini dikirim ke ECM, hal ini akan mengakibatkan ECM menghasilkan output berupa tegangan negatif (-) ke koil yang mengakibatkan di koil terjadi tegangan induksi , dari koil diteruskan ke busi sehingga celah elektroda busi menghasilkan loncatan bunga api sehingga terjadi proses pembakaran di ruang bakar.




LEMBAR KERJA SISTEM PENGAPIAN INJEKSI
Nama
:
Jurusan
: Teknik Sepeda Motor
Kelas
:
Hari/Tgl
:
Waktu
:
No.Job

 
        I.            TUJUAN PRATIKUM :
Pratikan dapat :
1.       Memahami rangkaian sistem pengapian motor injeksi
2.       Menyebutkan nama komponen system pengapian injeksi dan fungsinya
3.       Mengetahui tata letak komponen system pengapian
4.       Menjelaskan prinsip kerja system pengapian injeksi
5.       Melakukan pemeriksaan system pengapian injeksi
6.       Mengatasi  troubleshooting system pengapian injeksi
      II.            ALAT DAN BAHAN:
A.      ALAT
1.       Tool set
2.       Multitester digital
B.      BAHAN
1.       Motor injeksi Honda beat
2.       Bensin
3.       Busi bekas
4.       Majun
    III.            KESELAMATAN KERJA :
1.       Hati-hati  saat menggunakan multitester digital, baca buku petunjuk  pemilihan selector multi secara teliti
2.       Saat pemeriksaan  kondisi  bunga api busi, lubang busi jangan sampai terbuka, karena kalau motor distater dari lubang busi akan timbul semprotan bahan bakar, lubang busi sebaiknya ditutup dengan busi bekas.
3.       Bertanyalah pada instruktur apabila ada yang belum jelas
4.       Saat melepas konektor atau sensor-sensor pada motor injeksi, motor harus dalam kondisi OFF

    IV.            LANGKAH KERJA
NO
KEGIATAN
HASIL
STANDART
KESIMPULAN
kETERANGAN
1
Memeriksa  tegangan baterai





2
Memeriksa kontinuitas fuse/sekering  utama 15 A




3
Memeriksa tahanan CKP




4
Memeriksa tegangan CKP




./5
Memeriksa hubungan switch standart samping saat OFF (standart dibawah)



Hubungan kabel G/W pada konektor ECM dengan ground

Memeriksa hubungan switch standart samping saat ON (standart diatas)



Hubungan kabel G/W pada konektor ECM dengan ground







      V.           
 
A
































Komentar

  1. Mas sy mau tanya motor sy beat fgm fi injeksi itu motor klo lg mesin dingin hidup trs di bawa jln sekitar 3km selagi motor jln itu gk ada tanda2 motor mati.. tpi setelah motor berhenti trs kontak motor sy offkan selama 3menit itu motor sy langsung hilang pengapian terus gk lama ada lg pengapian di cek jalur kabel semua ya masih bagus kira2 apa ya mas minta saran dan solusi ya mas terima kasih

    BalasHapus
  2. Motor saya Honda Beat FGM FI 2013,
    Masalah awalnya, tdk bisa hidup (tdk nyangkut) dgn cara starter. Karena berulang ulang distarter, aki drop, dan starter tdk berfungsi lagi. Sy coba hidupkan dgn kick starter, tdk bisa hidup juga.
    Karena aki sudah drop, sy recharge aki dit4 stroom. Setelah selesai saya pasang, sy nyalain dgn starter dan kick starter hasilnya bagus. Lampu2 nyala.

    Masalah berikutnya:
    1. 2 hari stlh dipakai, head lanmp stop lamp mati. Lampu sein, klakson, stationary nyala.
    2. Hari ke 4, starter sudah mulai berat...dan tdk lama kemu
    dian brebet dan mati total.

    Mengenai bohlam head lamp dan stop lamp, sy sudah test,dan hasilnya masih bagus.

    Sy mencoba recharge aki yang ke 2x, sy pasang, dan hasilnya nyala seperti semula, cuma head lamp dan stop lamp tdk bisa hidup.

    Jelas bahwa aki tdk bisa mengisi.
    Apkh itu pertanda kiproknya bermasalah dan hrs diganti?

    Menurut teman sy, bahwa motor honda beat fi bisa hidup, tanpa aki.
    Maka saya coba lepas kabel aki dan saya hidupkan melalui kick starter. Ternyata, tdk bisa hidup.

    Sy juga tlh mencoba mencabut kabel dari kiprok menuju aki (motor dlm keadaan motor menyala). Motor langsung mati.

    Bingung nih mas, yang rusaknya apa ya? Kiprok kah, spool kah, atau ada kabel2 yang hrs di cek? Mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya.


    BalasHapus

  3. Podo mbek wekku iki masalah e

    BalasHapus
  4. motor saya tidak memgeluwarkan bunga api.padahal kode mil tidak ada.. apa ya penyebab x mas

    BalasHapus
  5. Motor sy beat esp.spul baru tapi gak keluar api .yg lai normal semua.gmn itu mas

    BalasHapus
  6. Mas
    Motor beat saya kalau di bawa jalan sekitar 200 meter, mesin nya mau mati, trus di stater nyala lagi mas.
    Itu knpa ya mas?

    BalasHapus
  7. Mas , saya mau tanya. Motor ku beat fi 2014. Saat saya stater diatas standart tengah, mesinnya hidup. Lalu motor saya turunkan, mesinnya mati. Kenapa bisa gitu mas

    BalasHapus

Posting Komentar